Rabu, 11 Januari 2012

Yang Membedakan One Piece dengan Manga yang Lain

Format One Piece adalah Grand Adventure! Petualangan yang besar! Berjalan dengan tujuan pasti, bertemu orang baru, teman baru di tiap pulau, musuh baru, peradaban baru, teknologi baru. Perjalanan di Grand Line benar-benar perjalanan mengelilingi Dunia! Setiap bergerak maju, selalu disertai pengalaman baru.

sukague.com

Hal ini berbeda dengan manga lain. Manga2 lain kebanyakan bercerita mengenai tokoh harus mengalahkan monster, mengalahkan musuh yang kuat, kalau tidak dunia akan hancur. begitu satu musuh kalah, musuh lain yang akan menghancurkan dunia datang lagi. Apa yang akan terjadi pada manga tersebut kalau cerita hanya berdasar pada mengalahkan musuh yang akan menghancurkan dunia?
Namun berbeda dengan itu, One Piece menawarkan sebuah petualangan besar di mana tiap gunung dan laut yang mereka lalui, selalu menjanjikan petualangan baru. Big Adventure!

2. Besarnya dunia One Piece

Lebih besar dari apa yang bisa kita bayangkan. Oda Sensei (pengarang One Piece) sendiri menyatakan bahwa dia sengaja membuat dunia One Piece begitu luas, sehingga jika dia memiliki ide yang bagus, dia bisa langsung menerapkannya. Ingin membuat pulau terbang? Buat saja skypiea. Ingin pulau jaman purba? Pulau Little Garden diletakkan di rute perjalanan. Teknologi kereta api yang berjalan di atas laut? Water Seven menyediakan itu. Semua didesain sedemikian rupa, sehingga hal itu masih diterima akal pikiran, tidak terkesan memaksa, tetap pantas ditampilkan, namun mampu membuat kita berkata, WOW!
Dunia One Piece dibuat oleh otak jenius Oda Sensei, dengan pemikiran mendalam akan apa yang akan terjadi pada manga nya.

Berbeda dengan manga lain, yang kebanyakan memiliki dunia yang sempit. Bahkan ada yang hanya memiliki latar sesempit sebuah kota.  Ada juga manga yang dunia nya luas, namun masih terkesan memaksa. Atau dunia yang luas namun tidak dimanfaatkan secara mendalam, padahal potensinya besar.
sukague.com


3. Kolom Pembaca
Disukai banyak orang, dibenci oleh yang lainnya. Jarang komik yang menyediakan kolom pembaca untuk memuaskan hasrat pembacanya dari seluruh dunia, dari sekedar say hello, mengajukan pertanyaan serius, atau bergaje ria. Telihat biasa saja?

Tidak! Kolom Pembaca (di One Piece disebut SBS)adalah sesuatu yang sangat istimwa!


-          SBS adalah bukti kalau Oda sangat mencintai fans nya! Tanpa dukungan pembaca, Oda beserta dunia One Piece-nya tidak akan menyebar di seluruh dunia. Surat-surat yang jumlahnya ribuan* saja dengan ikhlas dibaca oleh oda. Keingintahuan fans dijawab, meski tetap pada batasan sehingga tidak membocorkan cerita One Piece terlalu banyak
*oda sampai khawatir ruangan yang dipakai untuk menyimpan surat-surat pembaca jebol (karena surat terlalu banyak)
-          SBS juga merupakan bukti kalau Oda siap dan serius mengerjakan One Piece. Dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pembaca, dapat dilihat betapa kuatnya, betapa detailnya, betapa lengkapnya dunia One Piece. Oda memiliki konsep yang jelas mengenai One Piece.

4. Tokoh di Dunia One Piece
Tiap tokoh utama memiliki masa lalu, yang membentuk mereka menjadi manusia yang “sekarang”. Semua diceritakan dengan detail, kadang membuat pembaca menangis. Kemudian para tokoh memiliki cita-cita yang ingin dia capai. Hal ini membuat One Piece tidak kehilangan arah menghadapi badai cerita yang akan dijalani.
Semua tokoh dalam dunia One Piece memiliki keunikan tersendiri, mulai dari gaya bicara, sifat, kekuatan. Para tokoh utama sendiri memiliki ciri khas dan kepribadian yang benar-benar unik.

-seorang “bocah bodoh” yang suka makan daging,
-pendekar pedang sekaligus tukang nyasar,
-pencuri mata duitan yang ahli ilmu navigasi,
-sniper pembohong,
-koki mesum,
-monster rusa yang berprofesi sebagai dokter,
-arkeolog,
-robot,
-tengkorak hidup yang suka menyanyi
sukague.com

Bayangkan monster-monster ini hidup bersama dalam sebuah kapal. Yang kita lihat adalah “kekacauan” dan menakjubkannya juga sebuah “keharmonisan”.

Kemudian, hal yang tak kalah penting adalah keberadaan tokoh-tokoh lama (yang sudah pernah muncul), serta tokoh-tokoh minor . Oda membuat mereka sangat berarti, dan tidak mudah dilupakan, meskipun munculnya singkat. Bahkan dengan sabarnya oda memberi tokoh tersebut nama, serta sebuah kisah tentangnya (biasanya dituliskan dalam SBS).

5. Gambar/Art
Art memang relatif, tergantung selera masing-masing orang. Namun art One Piece yang unik menjadikannya berbeda dengan yang lain. Selain itu, “pelukis” One Piece yang menggambar dengan gembira, menjadikan tiap panel memiliki arti karena digambar dengan hati. Tidak ada panel yang terbuang sia-sia. Gambar dalam tiap halaman One Piece begitu padat, dan detail. Bandingkan saja dengan manga lain yang begitu banyak panel kosong, background kosong,dan sebagainya.
sukague.com

Oke, sampai di sini dulu. Mungkin masih banyak perbedaan yang lain, namun belum bisa saya sampaikan. Ini bukan tulisan mengenai “apa kehebatan One Piece”, namun lebih ke “mengapa One Piece berbeda dengan manga lain”.

 Sumber :
kaskus.us

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar