Rabu, 18 Januari 2012

Pengertian fansub

Semakin berkembang nya anime semakin bertambah juga fans dari anime. Dengan demikian semakin bermunculan fansub untuk para fans, fansub itu sendiri di buat oleh fans. Berikut pengertian dari fansub:
Fansub (Kependekan dari fan-subtitled) adalah versi dari acara televisi yang telah dialihbahasakan oleh para penggemar dan telah diberi teks terjemahan dalam bahasa selain bahasa aslinya. Materi yang paling umum dalam fansub berbahasa Inggris adalah  Anime Jepang. Fenomena yang serupa berlaku juga dalam bahasa secara umum selain bahasa Inggris.
 Karena tindakan pendistribusian “materi yang disubtitle oleh fan” merupakan pelanggaran hak cipta di beberapa negara, implikasi dari kegiatan produksi, distribusi, dan menonton fansub adalah topik yang penuh kontroversi sepanjang masa, meskipun faktanya kelompok fansub tidak mengambil keuntungan finansial dari kegiatan mereka, dan dalam banyak kasus menghentikan distribusi apabila pekerjaan mereka menjadi materi terlisensi dalam region bersangkutan.
Tidak hanya di luar negeri saja, fansub anime juga sudah berkembang di indonesia. Banyak sekali fansub anime yang bersubtitle kan indonesia di dunia maya di antara yaitu Anime sub indonesia, moesub, kaze sub, souki-hasshou, dll. Walaupun fansub tidak mengambil keuntungan apapun dari para penggemar, tetap saja mereka dengan antusias mengisi halaman fansub nya dengan anime yang sudah di translate kan ke bahasa indonesia. Ini adalah bentuk rasa berbagi dari fans ke fans yang lain.
Secara tehnikal, Fansub tidak jelas ilegal atau tidak. Beberapa orang mengatakan Fansub (yang asli-bukan bootleg) menjurus kearah ilegal. Meskipun begitu, penuntutan sangat amat jarang terjadi dikarenakan dua hal yaitu :
  1. Kasus fansub adalah langka dan tidak ada contoh legal sebelumnya. Masalahnya, pembajak mengambil keuntungan finansial dari barang yang dibajak sedangkan Fansub tidak
  2. Fansub adalah motor utama promosi gratis sehingga video ataupun anime akhirnya direlease secara legal di negara lain. Hal inilah yang menyebabkan mereka ditoleransi oleh perusahaan-perusahaan cabang selama dibagikan secara gratis.
Dua distribusen terbesar anime di Amerika, yaitu Kadokawa Pictures USA dan Bandai, pada peluncuran The Melancholy of Haruhi Suzumiya, bahkan secara spesial mengucapkan terimakasih kepada subber dan penonton fansub dan meminta mereka turut membeli rilisan original.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar